Kamis, 16 Oktober 2008

Tertipu Virus Komputer

Beberapa waktu lalu saya mendapati komputer teman terkena virus. Virus tadi menyamar jadi file atau folder yang udah ada di data komputer, padahal sebenarnya Virus tadi menyembunyikan folder maupun file dan menggantinya dengan dengan file atau folder berextention dot exe, misal My Document menjadi My Document.exe. Bila dicermati file tersebut (yang berextention .exe) merupakan file virus yang siap jalan bila dibuka. Jadi bila menjumpai kasus tadi sebaiknya file-file aneh yang berextenion .exe jangan pernah dibuka dan segera mungkin menscan dengan anti virus yang kompeten. Tetapi terkadang file explorer terset hiden extention, nah.... kalo dah gitu bakal dibuat repot kita.

Menghindari kasus tadi saya punya triknya neh....

pertama buka Fle Explorer kemudian klik Tools pilih Folder Options dan akan tampil seperti di bawah ini



















nah untuk menghindarinya coba dengan mencentang seperti gambar ditunjukan nomer 1, 2 dan 3. Cara tadi dimaksudkan agar Virus yang nyamar jadi file atau folder terlihat sedini mungkin.
Untuk penanganya tetep kita serahkan sama antivirus yang kompeten. Dan kalau setelah discan ternyata filenya hilang (kehiden) bisa di kembalikan dengan cara seperti posting saya sebelum ini.
Ini sekedar pengalaman saya semoga bermanfaat buat yang baca.

Tidak ada komentar: