Rabu, 15 Oktober 2008

Virus Hiden Dokumen



Temanku kemaren nanya, gimana cara ngatasin virus yang ngehiden dokumen di PC? critanya PC temenku kena virus, dah barang tentu dia punya antivirus kemudian discan lah PC nah looooo abis itu yang terjadi malah seluruh dokumen dia ilang semua. Trus gimana?

Nah ini aku ada kiat nehh...

Buat kasus yang kaya gitu bisa diatasi dengan cara sederhana. Mungkin kalo teman-teman pernah dapet materi DOS pas belajar Komputer pasti engga kelabakan banget bila kena kasus diatas. Sebenarnya sederhana, file yang kehiden itu oleh virus diberi atrrib arcive dan hiden, udah bakal tentu ga kelihat di Windows Explorer. Tapi tenang.... bagi yang belum pernah dapet materi DOS aku akan menjelaskan cara mengatasi kasus tadi. Udah ia ga usah panjang-panjang ulasannya.

Jadi begini....

Dokumen yang udah kehiden oleh virus bisa dikembalikan dengan Comand-Promp. Caranya : Pilih menu Start dan klik Run, nah dari situ kalian ketik cmd dan tekan OK. Kemudian langkah selanjutnya menuju folder dari dokumen yang kehiden misalnya cd dokumen (ke folder dokumen). Lalu ketik attrib -s -h -r *.* dan tekan enter. Nah jadi deh, sekarang dokumen-dokumen yang kehiden muncul kalo dilihat dari Windows Explorer. O iya sebelumnya juga bisa dilihat attrib dari file yang kehiden tadi dengan mengetik attrib dan enter.

Gampang kan?

slamat mencoba

Tidak ada komentar: